Selasa, 07 April 2015

LAPORAN PRAKERIN TKJ


LAPORAN
KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)

 Di Ajukan Sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Menempuh UAS/UN





O l e h :


NAMA                                     : DEDE SAEROJI
NO.INDUK                             : 10 1213 232      
KELAS                                    : 11 TKJ 1





TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SMK NEGERI 1 MAJA
MAJALENGKA
TAHUN AJARAN 2013/2014

LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )
DI STKIP PASUNDAN CIMAHI (DU/DI)

Oleh:

DEDE SAEROJI
NIP : 10 1213 232





Menyetujui,



Pembimbing Sekolah




Rohim Hermawan, S.Kom.
NIP :



Mengetahui,

Pembimbing DU/DI


...................................
NIP :



Kepala SMK Negeri 1 Maja



Drs. Nono Mardono
NIP. 19620316 198512 1 001
Ketua Program Keahlian



Rohim Hermawan. S.Kom
NIP :
LEMBAR PENGESAHAN


         Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di STKIP Pasundan Cimahi telah di sidangkan dalam sidang Praktek Kerja Industri SMK Negeri 1 Maja pada hari ............ tanggal...... Bulan.......... Tahun ..........  jam....s/d selesai.



PANITIA SIDANG PRAKERIN SMKN 1 MAJA


Ketua,
Sekretaris




...............................................
NIP :







.............................................
NIP :
        
                                                                              

PENGUJI



--------------------------------
NIP :



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb
       Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN).
       Penyusunan laporan ini membuktikan bahwa penulis telah melaksanakan serta menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di STKIP Pasundan Cimahi.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada :
1.      Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya serta kesehatan jasmani dan rohani kepada penulis
2.      Ayahanda dan Ibunda yang senantiasa memberikan do’a dan
3.      Bapak Drs. Nono Mardono selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Maja
4.      Bapak Rohim Hermawan. S.Kom. selaku Pembimbing sekaligus Kepala Perogram Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Maja
5.      Pimpinan di STKIP Pasundan Cimahi
6.      Pembimbing di STKIP Pasundan Cimahi

      Saya sadar bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan, Akhir kata saya mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya apabila dalam laporan ini banyak kesalahan. Semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi pembaca. Amin
Wassalamualaikum Wr.Wb.                                                           


      Majalengka,5 Maret 2014


Dede Saeroji 



DAFTAR ISI
Halaman Judul................................................................................................................
PERSETUJUAN (Pembimbing).................................................................................... i
PENGESAHAN (Pembimbing)................................................................................... ii
KATA PENGANTAR................................................................................................ iii
DAFTAR ISI............................................................................................................... iv
BAB  I   PENDAHULUAN ....................................................................................... 1
A.    Latar Belakang Pelaksanaan Prakerin............................................................... 1
B.     Tujuan Pelaksanaan Prakerin............................................................................ 2
C.     Manfa’at Pelaksanaan Prakerin......................................................................... 3
BAB  II  LOKASI DAN KONDISI OBYEKTIF TEMPAT PRAKERIN............... 4
A.    Lokasi Prakerin................................................................................................. 4
1.      Gambaran Umum STKIP Pasundan Cimahi.............................................. 4
2.      Letak Geografis STKIP Pasundan Cimahi................................................. 7
B.     Visi dan Misi Lokasi Prakerin........................................................................... 7
1.       Visi STKIP Pasundan Cimahi................................................................... 7
2.       Misi STKIP Pasundan Cimahi................................................................... 7
C.     Tujuan Lokasi Prakerin..................................................................................... 8
1.      Tujuan Umum STKIP Pasundan Cimahi.................................................... 8
2.      Tujuan Khusus STKIP Pasundan Cimahi................................................... 8
D.    Struktur Organisasi STKIP Pasundan Cimahi.................................................. 9
BAB  III  PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN......................................... 10
A.    Waktu Pelaksanaan......................................................................................... 10
B.     Deskripsi Kegiatan Prakerin........................................................................... 10
1.      Troubleshooting Pada Jaringan Dan Penanganannya ( Error Handling ). 10
2.      Macam-macam Trouble shooting LAN.................................................... 33
C.     Kesan Dan Kendala Pelaksanaan Prakerin..................................................... 38
1.      Kesan Pelaksanaan Prakerin..................................................................... 38
2.      Kendala Pelaksanaan Prakerin.................................................................. 38
BAB  IV  PENUTUP................................................................................................. 39
A.    Kesimpulan..................................................................................................... 39
B.     Saran – Saran ................................................................................................. 40
1.      Saran Kepada Sekolah.............................................................................. 40
2.      Saran Kepada............................................................................................ 40
3.      Dst............................................................................................................ 40
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 41
LAMPIRAN  : ........................................................................................................... 42
1.      Dokumentasi Kegiatan Prakerin
2.      RIWAYAT HIDUP PENULIS..................................................................... 43

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang  Pelaksanaan  Kegiatan  Prakerin

       Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional.
       Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan bagian dari kurikulum SMK  yang wajib dilaksanakan oleh peserta didik SMK Negeri 1 Maja.. SMK Negeri 1 Maja mengambil kebijakan untuk melaksanakan PRAKERIN dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Maret pada tahun pelajaran 2013/2014. Kegiatan PRAKERIN wajib diikuti oleh Siswa SMK Negeri 1 Maja pada semester 4.
              Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) didasarkan pada :
1)      Undang-Undang Dasar 1945.
2)      Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
3)      Peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
4)      Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 2490/U/1992 tentang Sekolah Menengah kejuruan.

5)      Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.
B. Tujuan  Pelaksanaan  Prakerin

Kegiatan PRAKERIN yang di laksanakan oleh siswa SMK tentunya mempunyai tujuan yang di harapkan bernilai positif untuk siswa tentunya, adapun beberapa hal yang menjadi tujuan di laksanakannya kegiatan PRAKERIN ini adalah :

1.    Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
2.    Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja
3.    Memperluas dan memantapkan proses pemantapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
4.    Memperluas wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang kompetisi jurusan/Prodi dan di tempat praktek kerja secara langsung dengan segala aturan dan syarat yang berlaku.
5.    Membawa dan mengharumkan nama SMK khususnya SMK Negeri 1 MAJA.
C. Manfa’at  Pelaksanaan  Prakerin

Setiap kegiatan yang di lakukan tentunya memiliki manfa’atnya masing  masing , demikian pula dengan kegiatan PRAKERIN yang Alhamdulillah telah selesai di laksanakan.
Adapun manfaat yang di dapatkan dari pelaksanaan kegiatan PRAKERIN di antaranya :

1.      Meningkatkan kerjasama antara dunia Pendidikan dengan dunia usaha.
2.      Menciptakan lulusan SMK yang Cerdas, Kompetitif, Berkarakter kuat serta memiliki keahlian Profesional dengan tingkat Pengetahuan dan Etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha.
3.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
4.      Memperkokoh kerja sama antara sekolah dengan dunia kerja.
5.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
6.             Banyak manfa’at yang di dapat dari pelaksanaan kegiatan PRAKERIN yang tentunya bernilai positif khususnya bagi saya yang melaksanakan kegiatan ini di STKIP Pasundan Cimahi.

       Banyak manfa’at yang di dapat dari pelaksanaan kegiatan PRAKERIN yang tentunya bernilai positif khususnya bagi penulis yang melaksanakan kegiatan ini di STKIP Pasundan Cimahi.





BAB 2
LOKASI DAN KONDISI OBYEKTIF TEMPAT PRAKERIN

A. Lokasi  Prakerin
1.      Gambaran  Umum  Lokasi  Prakerin

STKIP  Pasundan  Cimahi

 

http://www.stkippasundan.ac.id/wp-content/uploads/IMG_10695-150x150.jpg
        Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  (STKIP) Pasundan Cimahi adalah suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membina mahasiswa menjadi guru yang profesional dan tenaga kerja kependidikan lainnya.
        Pendirian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan merupakan perwujudan dari cita-cita Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan dalam rangka membantu pemerintah di bidang pendidikan.

Pada saat ini Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan memiliki 4 (empat) lembaga Pendidikan Tinggi yaitu :
1.      Universitas Pasundan (UNPAS).
2.      Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasundan.
3.      Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP)     Pasundan Cimahi.                
4.      Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan di Sukabumi.
          STKIP Pasundan Cimahi resmi di dirikan pada tanggal 12 Juli 1986  dengan susunan pengurus pertama yaitu :
1.      Drs. Ateng Sopala (Ketua).
2.      Dr. Maman Abdurachman (Pembantu Ketua I).
3.      Drs. Nana Gunawan (Pembantu Ketua II).
4.      Drs. H.M. Odon Kardana (Pembantu Ketua III).
        Pada awal berdirinya, STKIP Pasundan Cimahi  memiliki tiga buah program studi yaitu :
1.      PMPKN.
2.      Pendidikan Bahasa Inggris.
3.      Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (sekarang PJKR).       
          Kebutuhan akan tenaga guru semakin mendesak dan tumbuhnya hasrat untuk meningkatkan dan memeratakan kemampuan para guru telah mendorong STKIP Pasundan Cimahi pada tahun 2007 untuk membuka program studi baru yaitu :
1.      Program Magister (S2).
2.      Pendidikan IPS.
3.      Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
4.      Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
          Hal tersebut sangat membantu bagi para guru , baik yang sudah memiliki D-II maupun D-III yang ingin meneruskan pendidikannya  ke jenjang  S1 maupun S2, terutama yang berada di Wilayah Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dengan memanfaatkan keberadaan STKIP Pasundan Cimahi terlebih setelah berlakunya Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen .
        Demikianlah gambaran umum STKIP Pasundan Cimahi yang selama ini telah menunjukan Penataan struktur organisasi STKIP Pasundan telah sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 1999.
        Sesuai dengan struktur baru, dewasa ini STKIP  Pasundan Cimahi memiliki tiga buah jurusan/program studi, yaitu :
1.      Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
2.      Pendidikan Bahasa Inggris.
3.      Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR).
        Di samping jurusan tersebut di atas, STKIP Pasundan mempunyai enam buah Unit Pelaksana Teknis (UPT), yaitu :
1.      UPT Penelitian.
2.      UPT Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).
3.      UPT Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan  Microteachhing.
4.      UPT Perpustakaan.
5.      UPT Laboratorium Bahasa.
6.      UPT Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.


2.      Letak Geografis  Lokasi Prakerin 

LETAK STKIP PASUNDAN CIMAHI
        Sekolah Tinggi Keguruan Pasundan ( STKIP ) Cimahi terletak di Jalan Permana nomor 32B Kota Cimahi.
        Adapun Kota Cimahi terletak pada koordinat 106°‚ 40° bujur timur dan 6°‚ 55° Lintang Selatan. Dengan variasi ketinggian 700-1075 meter diatas permukaan laut, memiliki temperatur berkisar antara 18°C - 29°C.
       Kota ini terletak di antara Kabupaten Bandung Kabupaten Bandung Barat. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai Kota Administratif pada tanggal 29 Januari 1976. Kemudian Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai Kota Otonom

B. Visi dan Misi Lokasi  Prakerin
1.      Visi  STKIP  Pasundan  Cimahi

Visi

       Menciptakan generasi pendidik yang Luhung Elmuna, Panceg Agamana, dan  Jembar Budayana.

2.      Misi  STKIP  Pasundan  Cimahi
Misi
        Menyelenggarakan Tri  Dharma Perguruan tinggi  agar dapat memberikan konstribusi bagi pembangunan nasional dan daerah yang menjunjung tinggi  nilai-nilai religi (ke-Islamanan) dan nilai-nilai budaya (ke-Sundaan) secara komprehensif dalam bidang kependidikan.
3.      Tujuan  STKIP  Pasundan  Cimahi
1)      Tujuan umun STKIP Pasundan Cimahi adalah :
a)      Menyelenggarakan pendidikan tinggi guna menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian;
b)      Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

2)      Tujuan khusus STKIP Pasundan Cimahi adalah :
a)      Menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan akademis, sosial, kepribadian dan profesional.
b)      Menghasilkan berbagai penelitian dalam bidang ilmu pendidikan sehingga mampu menghasilkan berbagai temuan bagi perkembangan teori dan praktek kependidikan.
c)      Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kecerdasan intelektual, spritual, emosional dan kreatifitas/sosial.
d)     Menghasilkan ilmuan/peneliti dalam ilmu pendidikan yang sesuai dengan progam studi .
e)      Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat, yang berhubungan dengan bidang kependidikan.




C. Struktur  Organisasi


Struktur Organisasi Revisi 2010



BAB 3
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN

A. Waktu   Pelaksanaan
        Waktu pelaksanaan kegiatan PRAKERIN  SMK Negeri 1 Maja di laksanakan dalam waktu 3 bulan, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2014 s/d tanggal 28 Maret 2014.

B. Deskripsi  Kegiatan  Prakerin
1. Troubleshooting Pada Jaringan Dan Penanganannya ( Error Handling )
       Troubleshooting jaringan kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah-langkah untuk memeriksa masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan sumber masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan troubleshooting jaringan wireless di rumah atau dikantor yaitu: mengisolasi masalah, troubleshooting masalah, dan bila perlu menghubungi technical support yang tepat.


       Beberapa kasus yang sering terjadi pada Troubleshooting jaringan pada komputer atau laptop, sebagai berikut :
COnnected namun tidak dapat akses internet
1.      Status jaringan “Connected” namun tidak bisa terhubung ke internet?

       Status tersebut sebenarnya sudah menunjukkan kepada kita bahwa kita telah terhubung dengan jaringan. Namun komputer belum bisa untuk mengakses internet. Langkah yang harus diambil adalah:
a) Buka Web Browser kita, dan coba untuk mengakses beberapa website seperti www.google.com. Jika dapat membuka salah satu situs web namun tidak bisa membuka yang lainnya, hal tersebut menandakan bahwa sebenarnya komputer kita sudah terhubung ke jaringan dan baik-baik saja. Permasalahannya hanya terletak pada ISP.
b) Jika sama sekali tidak terhubung pada semua website, coba langkah kedua yaitu dengan melepaskan sambungan modem ke line telepon, kemudian tunggu beberapa saat lalu kemudian pasangkan kembali. Cobalah kembali untuk mengakses website!
c) Jika kita terhubung dengan media wireless, cobalah untuk melepas kabel WAN pada Acces Point, dan pasangkan kembali setelah beberapa saat. Kemudian coba kembali untuk membuka website.
d) Cobalah untuk merestart komputer kita.
e) Jika tetap belum terhubung juga, cobalah untuk menghubungi pihak ISP untuk meminta bantuan.
NIC atau wireless terdisabled
2.      Apakah Status NIC atau Wireless “Disabled”?
       Jika memang benar, maka segera Enable-kan dengan mengklik kanan terlebih dahulu!
       Masalah yang lebih serius adalah LAN card kita belum terinstall dengan benar. Jika hanya terdisable kita hanya perlu me-enable-kannya seperti contoh di atas, namun jika belum terinstall dengan benar, kita membutuhkan CD driver LAN card untuk bisa mengaktifkannya. Untuk mengecek apakah ada yang belum terinstall dengan benar, masuk ke Device Manager dan lihat apakah ada masalah di Network Adapters.
LAN terdisable
      Contoh di samping adalah masalah karena salah satu Network Adapters belum ter-enable.

3.      Apakah terjadi IP Conflict?
       IP Conflict adalah sebuah troubleshooting sederhana yang terjadi akibat adanya IP komputer yang sama dalam sebuah jaringan. Walaupun sederhana, namun sangat menjengkelkan bagi pengguna yang belum mengerti tentang bagaimana cara merubah IP komputer kita.
ipconflict
       Untuk mengatasi masalah tersebut, kita lihat apakah benar ada IP yang sama dengan milih PC kita atau tidak. Pertama, masuk ke cmd dan tuliskan “ipconfig /all” dan tekan Enter.
ipconfigconflict
       Jika memang benar ada IP conflict, segera ganti IP komputer kita dengan yang lain. Cara gampangnya adalah sebagai berikut.
dis
a) Masuk ke Windows Explorer dan klik kanan pada Network.
  Kemudian pilih Properties dan akan muncul jendela baru. Pilih Change Adapter Settings.


 network and sharing
    Akan masuk ke LAN setting, kemudian pilih jaringan yang kita gunakan. Klik ganda pada jaringan tersebut dan pilih Properties.


pilih
Kemudian akan muncul jendela seperti berikut. Dan pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) kemudian pilih Properties.

ip v 4
Akan muncul tampilan berikut.



uip
Nah, untuk mendapatkan IP baru kita tinggal mengganti IP kita agar tidak terjadi IP tersamakan lagi. Namun untuk lebih mudahnya kita langsung meminta ke server saja dengan memilih Obtain an IP address automatically.

ip autma








bow
4.      Network Cable Unplugged?
Kondisi di samping menunjukkan bahwa koneksi kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router/modem.

       Langkah perbaikan:
a)      Coba periksa apakah kabel jaringan kita telah terpasang pada port NIC atau belum. Jika belum segera pasangkan kembali.
b)      Jika kabel jaringan sudah terpasang namun tetap belum bisa mengakses internet, cobalah untuk mengganti port lain pada switch.
c)      Jika masih belum bisa mengakses internet, cobalah mengganti kabel jaringan. Ada kemungkinan kabel tersebut sudah rusak.
d)     Jika tetap belum bisa, ada kemungkinan kerusakan terjadi pada Network Adapter. Gantilah dengan Network Adapter lain.





5. Wireless Adapter tidak dapat terhubung pada Wireless Network?
break
Tidak ada koneksi ke wireless network?
       Status ini menunjukkan koneksi wireless adapter kita terputus dengan jaringan wireless. Ada dua kemungkinan, adapter wireless kita tidak bisa terhubung ke wireless network kita, atau koneksi wireless intermittend. Untuk penyelesaian:
a) Periksalah status perangkat wireless kita pada Windows, pastikan dalam keadaan aktif.
b) Cobalah untuk melakukan pencarian sinyal pada hotspot area.


2. Macam-macam Trouble shooting LAN
1.      Gejala : Koneksi jaringan putus-putus.
a.       Masalah
       Kemungkinan Tidak berfungsinya komponen jaringan yang disebabkan oleh korosi (berkarat), aus dan rusak. Korosi terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
b.      Solusi:
       Mengganti komponen yang rusak dengan yang baru dan sering merawat komponen tersebut.

2.      Gejala : Komputer tidak dapat terkoneksi dengan sistem jaringan kabel.
a.       Masalah
1)      Kemungkinan terjadinya gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan (Network Interface Card).
2)      Kemungkinan bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.
3)      Kemungkinan bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak



b.      Solusi :
1)      Periksa Kartu jaringan apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian jika masih seperti itu sebaiknya diganti
2)      Periksa Kabel baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang baik.
3)      Periksa terlebih dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.

3.      Gejala : Lampu indikator tidak menyala pada kartu jaringan dan pada Hub/switch.
a.       Masalah
       Kemungkinan permasalahan pada kabel atau konektor tidak terpasang dengan baik (longgar) atau susunan kabel yang salah atau kabel terputus.

b.      Solusi :
       Cek kembali apakah konektor terpasang dengan baik dan pastikan tidak ada kabel yang terbalik susunannya serta tidak putus.

4.      Gejala : Muncul pesan IP conflic.
a.       Masalah
       Terjadi alamat / IP Address yang sama.

b.      Solusi :
       Melakukan setting ulang alamat IP Address dan subnetmasknya sesuai dengan jaringan yang digunakan.

5.      Gejala : Folder atau file tidak dapat diakses pada komputer lain.
a.       Masalah
       Dikarenakan folder atau file tersebut belum di sharing.

b.      Solusi :
       Cara masuk ke windows explorer pilih data atau directory yang akah disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing


6.      Gejala : Icon Local Area Conection tidak tampl pada network conection di control panel.
a.       Masalah
1)      Kemungkinan Driver belum terinstall.
2)      Pemasangan kartu jaringan kurang baik.
3)      Kemungkinan slot pci kotor atau rusak.
4)      Kartu jaringan rusak.
b.      Solusi :
1)      Cari dan install Driver yang sesuai dengan kartu jaringan.
2)      Periksa pemasangan kartu jaringan.
3)      Bersihkan slot pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.
4)      Ganti kartu jaringan.

7.      Gejala : Komputer meminta user dan password pada saat diakses oleh komputer lain pada jaringan peer to peer.
a.       Masalah
1)      Pada windows xp belum ada data yang tersharing
2)      Pada windows 7 atau Vista Password protected sharing belum di turn off kan
b.      Solusi :
1)      Sharing folder atau file terlebih dahulu pada windows xp.
2)      Masuk keControl Panel lalu Network and Sharing Center kemudian Advanced sharing settings lalu turn off kan file protected sharing.

8.      Gejala : Tidak bisa Login dalam jaringan (Tidak terhubung dengan internet).
a.       Masalah
       Tidak bisa masuk dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan. (Tidak terhubung dengan internet).

b.      Solusi :
       Dibatasi oleh mikrotik, mintalah admin untuk mendaftarkan physical address komputer yang dipakai atau meminta untuk dibuatkan account.

9.      Gejala : Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub hidup, kabel utp yang digunakan dalam kondisi yang baik, akan tetapi tidak dapat terhubung.
a.      Masalah
       Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
b.      Solusi :
       Mengganti Kartu jaringan (Network Interface Card) dengan yang baru.

10.  Gejala : Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub mati, kondisi kartu jaringan dan switch dalam keadaan yang baik.
a.      Masalah
       Kemungkinan ada masalah dengan kabel yang digunakan.
b.      Solusi :
       Ganti Konektor (RJ-45) dengan yang baru , dang anti apabila perlu. Dan juga periksa susunan warna kabelnya, juga kerapatan antara kabel dengan konektor.



11.  Gejala : Printer tidak dapat di akses pada komputer lain
a.      Masalah       Dikarenakan printer tersebut belum di sharing
b.      Solusi :
       Caranya masuk ke control panel printers and faxes, lalu pilih printer yang akan di sharing lalu klik kanan, pilih sharing, kemudian pilih sharing this printer lalu klik ok.

12.  Gejala : Koneksi Internet lambat.
a.      Masalah
       Kemungkinan terlalu banyak pengguna/client sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.
b.      Solusi :
Sebaiknya kurangi pengguna/client, atau menambah bandwith.



13.   Gejala : Koneksi antara komputer dengan acces point lambat.
a.       Masalah
       Lemungkinan karena jarak yang terlalu jauh antara komputer dengan acces point.
b.      Solusi :
       Memperdekat jarak antara komputer dengan accespoint


C. Kesan Dan Kendala Pelaksanaan Prakerin

       kesan yang didapat selama kami menjalani prakerin antara lain:
1)       prakerin merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah
2)       dalam menjalani prakerin, tidak mudah seperti apa yang dibayangkan sebelumnya karena di tempat prakerin tidak semua materi yang diberikan disekolah itu masuk
3)       kegiatan prakerin dapat membentuk siswa agar dapat bekerja, walaupun kenyataannya masih di bangku sekolah
4)       banyak ilmu ilmu baru yang didapat selama kegiatan prakerin yang tentu saja dapat dijadikan bahan dan pengalamanuntuk modal bekerja di masa depan.
5)       untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan kegiatan prakerin dengan baik hingga berakhirnya kegiatan ini.





3.3.1        Kendala  Pelaksanaan  Prakerin

       Adapun Kendala yang di alami oleh Penulis di antaranya yaitu :
1.      Kendala Sebelum Melakukan Kegiatan Kerja :
a)      Sering kali hujan yang deras di saat akan berangkat ke tempat pelaksanaan Prakerin, sedangkan kita harus datang tepat waktu ke tempat Prakerin, hal tersebut sering menjadi kendala untuk Penulis,di mana karena itu Penulis sering datang kurang tepat waktu.
b)      Jarak lokasi Preakerin yang cukup jauh dari tempat tinggal sering juga membuat terlambat datang ke tempat Kerja.
2.      Kendala Saat Melakukan Kegiatan Kerja :
a)      Kegiatan Praktek Kerja sering terganngu jika Lab akan di gunakan untuk kegiatan Belajar, karena penulis Melakukan kegiatan Kerja di Lab,
Oleh karena itu kegiatan Praktek kerja sering kali di pindah tempatakan ke ruangan yang kurang Memadai dan Memfasilitasi.
b)      Sering kali Penulis Merasa bingung untuk melakukan pekerjaan apa setiap kali akan memulai, di karenakan kurangnya koordinasi dan bimbingan Pembimbing dari Pihak Instansi.

       Banyak Kesan dan Kendala yang di alami Penulis Selama kurang lebih Tiga Bulan melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang bertempat di STKIP Pasundan Cimahi yang tidak bisa di sebutkan satu persatu, akan tetapi hal terseebut dapat di jadikan motivasi dalam melasanakan kegiatan Praktek Kerja Industri.





BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan

       Melalui PRAKERIN ini siswat dapat menilai dan menghargai kemampuan diri sendiri. Penulis mencoba menarik kesimpulan bahwa ternyata pengalaman yang didapatkan di lapanagan kerja khususnya dari segi teknik pelaksanaannya lebih praktis jika di bandingkan pelajaran yang diterima di sekolah, hal ini disebabkan di lapangan dituntut untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin dengan kesalahan sekecil mungkin.
       Dari pengalaman PRAKERIN yang di laksanakan di STKIP Pasundan  Cimahi  selama tiga bulan, tepatnya dari tanggal 13 Januari 2014 sampai dengan tanggal 28 Maret 2014 dapat di simpulkan :
1)      Kegiatan PRAKERIN sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Maja. Dengan adanya kegiatan PRAKERIN siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2)      PRAKERIN merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan instansi/perusahaan atau

       Dapat di simpulkan, kegiatan PRAKERIN mempunyai tujuan bagi siswa SMK untuk Melatih, Mengasah, sekaligus Menguji Keterampilan dan keahlian yang di miliki sesuai Prodinya masing – masing secara langsung di DU/DI.

1.2      Saran – Saran

1.      Saran  Kepada  Sekolah

a)      Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang bersangkutan dengan perkembangan teknologi didunia kerja. Dengan demikian peserta PRAKERIN dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
b)      Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
c)      Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan PRAKERIN pada instansi sehingga para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
d)     Hendaknya Guru pembimbing harus lebih sering memotoring keperusahaan dimana siswa-siswi yang ingin melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN)
e)      Penulis juga mengharapkan semoga SMK Negeri 1 Maja memilih kantor atau dunia usaha yang bisa menambah pengetahuan dan pengalaman kerja bagi siswa yang akan melaksanakan Prakerin.
f)       Penulis sebagai pelaksana tahun ini mengaharapkan agar dalam perencanaan praktek kerja industri bagi siswa SMK Negri 1 Maja yang akan di langsungkan pada tahun yang akan datang, sebaiknya menyiapkan beberapa kantor atau Dunia Usaha agar siswanya bisa mendapatkan tugas yang betul-betul bisa dikerjakan, lewat panduan pegawai dalam kantor atau Dunia Usaha tersebut, sekaligus dapat bermanfaat dan sebagai pengalaman kerja bagi siswa yang melaksanakan praktek tersebut.


2.      Saran Kepada STKIP Pasundan Cimahi

a)      Penulis berharap STKIP Pasundan Cimahi senantiasa akan bersedia menerima siswa SMK Negeri 1 Maja untuk pelaksanaan Praktek Kerja Industri pada angkatan berikutnya.
b)      Kepada pembimbing, penulis berharap bapak tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta PRAKERIN yang akan datang.
c)      Diharapkan bagi  STKIP Pasundan Cimahi agar memberikan peluang pada SMK Negeri 1 Maja khususnya Prodi TKJ untuk bisa kembali  melaksanakan Praktek Kerja Industri pada tahun - tahun ajaran berikutnya.
d)     Diharapkan bagi instansi / perusahaan agar memberikan pekerjaan yang sesuai dengan program keahlian siswa agar  siswa  lebih memahami pekerjaan tersebut.
e)      Di harapkan kepada STKIP Pasundan Cimahi agar memberikan suatu Pekerjaan yang lebih banyak  dan terperinci, serta di harapkan  lebih memperhatikan para siswa  Prakerin.







DAFTAR PUSTAKA


.................................................................................................................................................................................................................................


..................................................................................................................................................................................................................................



..................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN




RIWAYAT  HIDUP



       ---------------------------------------------, -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selanjutnya sejak tahun 2012 Penulis melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka dengan mengambil Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan.



Artikel Terkait

LAPORAN PRAKERIN TKJ
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email