LAPORAN
KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Di Ajukan Sebagai Salah Satu Syarat
Untuk
Menempuh UAS/UN
O l e h :
NAMA : DEDE
SAEROJI
NO.INDUK : 10 1213 232
KELAS : 11 TKJ 1
TEKNIK
KOMPUTER DAN JARINGAN
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SMK NEGERI 1
MAJA
MAJALENGKA
TAHUN AJARAN 2013/2014
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )
DI STKIP
PASUNDAN CIMAHI (DU/DI)
Oleh:
DEDE SAEROJI
NIP : 10 1213 232
Menyetujui,
Pembimbing Sekolah
Rohim
Hermawan, S.Kom.
NIP :
Mengetahui,
|
Pembimbing DU/DI
...................................
NIP :
|
Kepala SMK Negeri 1 Maja
Drs.
Nono Mardono
NIP.
19620316 198512 1 001
|
Ketua
Program Keahlian
Rohim Hermawan. S.Kom
NIP :
|
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di STKIP Pasundan Cimahi telah di sidangkan
dalam sidang Praktek Kerja Industri SMK Negeri 1 Maja pada hari ............
tanggal...... Bulan.......... Tahun ..........
jam....s/d selesai.
PANITIA SIDANG PRAKERIN SMKN 1
MAJA
|
|
Ketua,
|
Sekretaris
|
...............................................
NIP :
|
.............................................
NIP :
|
PENGUJI
--------------------------------
NIP :
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja
industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan ini membuktikan bahwa penulis telah melaksanakan
serta menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di STKIP Pasundan Cimahi.
Ucapan terima kasih yang
sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada :
1. Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya serta kesehatan jasmani dan rohani
kepada penulis
2. Ayahanda dan
Ibunda yang senantiasa memberikan do’a dan
3. Bapak Drs.
Nono Mardono selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Maja
4. Bapak Rohim
Hermawan. S.Kom. selaku Pembimbing sekaligus Kepala Perogram Teknik Komputer
dan Jaringan di SMK Negeri 1 Maja
5. Pimpinan di
STKIP Pasundan Cimahi
6. Pembimbing
di STKIP Pasundan Cimahi
Saya sadar
bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan, Akhir kata saya mohon maaf yang
seikhlas-ikhlasnya apabila dalam laporan ini banyak kesalahan. Semoga
bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi pembaca. Amin
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Majalengka,5 Maret 2014
Dede
Saeroji
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul................................................................................................................
PERSETUJUAN
(Pembimbing).................................................................................... i
PENGESAHAN
(Pembimbing)................................................................................... ii
KATA
PENGANTAR................................................................................................ iii
DAFTAR
ISI............................................................................................................... iv
BAB I
PENDAHULUAN ....................................................................................... 1
A. Latar
Belakang Pelaksanaan Prakerin............................................................... 1
B. Tujuan
Pelaksanaan Prakerin............................................................................ 2
C. Manfa’at
Pelaksanaan Prakerin......................................................................... 3
BAB II
LOKASI DAN KONDISI OBYEKTIF TEMPAT PRAKERIN............... 4
A. Lokasi
Prakerin................................................................................................. 4
1. Gambaran
Umum STKIP Pasundan Cimahi.............................................. 4
2. Letak
Geografis STKIP Pasundan Cimahi................................................. 7
B. Visi
dan Misi Lokasi Prakerin........................................................................... 7
1. Visi STKIP Pasundan Cimahi................................................................... 7
2. Misi STKIP Pasundan Cimahi................................................................... 7
C. Tujuan
Lokasi Prakerin..................................................................................... 8
1. Tujuan
Umum STKIP Pasundan Cimahi.................................................... 8
2. Tujuan
Khusus STKIP Pasundan Cimahi................................................... 8
D. Struktur
Organisasi STKIP Pasundan Cimahi.................................................. 9
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN......................................... 10
A. Waktu
Pelaksanaan......................................................................................... 10
B. Deskripsi
Kegiatan Prakerin........................................................................... 10
1. Troubleshooting Pada Jaringan Dan Penanganannya ( Error Handling ). 10
2. Macam-macam Trouble shooting LAN.................................................... 33
C. Kesan
Dan Kendala Pelaksanaan Prakerin..................................................... 38
1. Kesan
Pelaksanaan Prakerin..................................................................... 38
2. Kendala
Pelaksanaan Prakerin.................................................................. 38
BAB IV
PENUTUP................................................................................................. 39
A. Kesimpulan..................................................................................................... 39
B. Saran
– Saran ................................................................................................. 40
1. Saran
Kepada Sekolah.............................................................................. 40
2. Saran
Kepada............................................................................................ 40
3. Dst............................................................................................................ 40
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................ 41
LAMPIRAN : ........................................................................................................... 42
1. Dokumentasi
Kegiatan Prakerin
2. RIWAYAT
HIDUP PENULIS..................................................................... 43
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan antara program
pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan
bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
merupakan bagian dari kurikulum SMK yang wajib dilaksanakan oleh peserta
didik SMK Negeri 1 Maja.. SMK Negeri 1 Maja mengambil kebijakan untuk
melaksanakan PRAKERIN dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Maret pada
tahun pelajaran 2013/2014. Kegiatan PRAKERIN wajib diikuti oleh Siswa SMK
Negeri 1 Maja pada semester 4.
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) didasarkan pada :
1)
Undang-Undang Dasar 1945.
2)
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
3)
Peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah.
4)
Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor
2490/U/1992 tentang Sekolah Menengah kejuruan.
5)
Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor
323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah
Menengah Kejuruan.
B.
Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Kegiatan
PRAKERIN yang di laksanakan oleh siswa SMK tentunya mempunyai tujuan yang di
harapkan bernilai positif untuk siswa tentunya, adapun beberapa hal yang
menjadi tujuan di laksanakannya kegiatan PRAKERIN ini adalah :
1. Membentuk
kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
2. Sebagai
pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama
pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja
3. Memperluas dan memantapkan proses pemantapan teknologi baru dari lapangan
kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
4. Memperluas
wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang
kompetisi jurusan/Prodi dan di tempat praktek kerja secara langsung dengan
segala aturan dan syarat yang berlaku.
5. Membawa dan
mengharumkan nama SMK khususnya SMK Negeri 1 MAJA.
C.
Manfa’at Pelaksanaan Prakerin
Setiap kegiatan yang di lakukan tentunya memiliki manfa’atnya masing masing , demikian pula dengan kegiatan
PRAKERIN yang Alhamdulillah telah selesai di laksanakan.
Adapun manfaat yang di dapatkan dari pelaksanaan kegiatan PRAKERIN di
antaranya :
1.
Meningkatkan kerjasama antara dunia Pendidikan dengan
dunia usaha.
2.
Menciptakan lulusan SMK yang Cerdas, Kompetitif,
Berkarakter kuat serta memiliki keahlian Profesional dengan tingkat Pengetahuan
dan Etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha.
3.
Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan lapangan kerja.
4.
Memperkokoh
kerja sama antara sekolah dengan dunia kerja.
5.
Memberikan
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
6.
Banyak
manfa’at yang di dapat dari pelaksanaan kegiatan PRAKERIN yang tentunya
bernilai positif khususnya bagi saya yang melaksanakan kegiatan ini di STKIP
Pasundan Cimahi.
Banyak
manfa’at yang di dapat dari pelaksanaan kegiatan PRAKERIN yang tentunya
bernilai positif khususnya bagi penulis yang
melaksanakan kegiatan ini di STKIP Pasundan Cimahi.
BAB 2
LOKASI DAN
KONDISI OBYEKTIF TEMPAT PRAKERIN
A. Lokasi Prakerin
1. Gambaran
Umum Lokasi Prakerin
STKIP
Pasundan Cimahi
Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
adalah suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membina mahasiswa menjadi
guru yang profesional dan tenaga kerja kependidikan lainnya.
Pendirian Sekolah Tinggi Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Pasundan merupakan perwujudan dari cita-cita Yayasan Pendidikan
Tinggi Pasundan dalam rangka membantu pemerintah di bidang pendidikan.
Pada saat ini Yayasan
Pendidikan Tinggi Pasundan memiliki 4 (empat) lembaga Pendidikan Tinggi yaitu :
1. Universitas
Pasundan (UNPAS).
2. Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasundan.
3. Sekolah
Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP)
Pasundan Cimahi.
4. Sekolah
Tinggi Hukum (STH) Pasundan di Sukabumi.
STKIP Pasundan Cimahi resmi di dirikan
pada tanggal 12 Juli 1986 dengan susunan
pengurus pertama yaitu :
1. Drs.
Ateng Sopala (Ketua).
2. Dr.
Maman Abdurachman (Pembantu Ketua I).
3. Drs.
Nana Gunawan (Pembantu Ketua II).
4. Drs.
H.M. Odon Kardana (Pembantu Ketua III).
Pada awal berdirinya, STKIP Pasundan
Cimahi memiliki tiga buah program studi
yaitu :
1. PMPKN.
2. Pendidikan
Bahasa Inggris.
3. Pendidikan
Olahraga dan Kesehatan (sekarang PJKR).
Kebutuhan akan tenaga guru semakin
mendesak dan tumbuhnya hasrat untuk meningkatkan dan memeratakan kemampuan para
guru telah mendorong STKIP Pasundan Cimahi pada tahun 2007 untuk membuka
program studi baru yaitu :
1. Program
Magister (S2).
2. Pendidikan
IPS.
3. Pendidikan
Guru Sekolah Dasar (PGSD).
4. Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Hal tersebut sangat membantu bagi para guru ,
baik yang sudah memiliki D-II maupun D-III yang ingin meneruskan
pendidikannya ke jenjang S1 maupun S2, terutama yang berada di
Wilayah Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung
Barat dengan memanfaatkan keberadaan STKIP Pasundan Cimahi terlebih setelah
berlakunya Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen .
Demikianlah gambaran umum STKIP
Pasundan Cimahi yang selama ini telah menunjukan Penataan struktur organisasi
STKIP Pasundan telah sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 60 tahun 1999.
Sesuai dengan struktur baru, dewasa ini
STKIP Pasundan Cimahi memiliki tiga buah jurusan/program studi, yaitu :
1. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
2. Pendidikan
Bahasa Inggris.
3. Pendidikan
Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR).
Di samping jurusan tersebut di atas,
STKIP Pasundan mempunyai enam buah Unit Pelaksana Teknis (UPT), yaitu :
1. UPT
Penelitian.
2. UPT
Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).
3.
UPT Program Pengalaman Lapangan (PPL)
dan Microteachhing.
4. UPT
Perpustakaan.
5. UPT
Laboratorium Bahasa.
6. UPT
Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
2. Letak Geografis
Lokasi Prakerin
LETAK STKIP PASUNDAN CIMAHI
Sekolah Tinggi Keguruan Pasundan (
STKIP ) Cimahi terletak di Jalan Permana nomor 32B Kota Cimahi.
Adapun Kota Cimahi terletak pada
koordinat 106°‚ 40° bujur timur dan 6°‚ 55° Lintang Selatan. Dengan variasi
ketinggian 700-1075 meter diatas permukaan laut, memiliki temperatur berkisar
antara 18°C - 29°C.
Kota ini terletak di antara Kabupaten
Bandung Kabupaten Bandung Barat. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung,
yang kemudian ditetapkan sebagai Kota Administratif pada tanggal 29 Januari 1976.
Kemudian Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai Kota Otonom
B.
Visi dan Misi
Lokasi Prakerin
1.
Visi STKIP
Pasundan Cimahi
Visi
Menciptakan generasi pendidik yang Luhung
Elmuna, Panceg Agamana, dan Jembar Budayana.
2.
Misi STKIP Pasundan
Cimahi
Misi
Menyelenggarakan Tri Dharma
Perguruan tinggi agar dapat memberikan konstribusi bagi pembangunan
nasional dan daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai religi
(ke-Islamanan) dan nilai-nilai budaya (ke-Sundaan) secara komprehensif dalam
bidang kependidikan.
3.
Tujuan STKIP
Pasundan Cimahi
1) Tujuan umun
STKIP Pasundan Cimahi adalah :
a)
Menyelenggarakan pendidikan tinggi guna menyiapkan
peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik
dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya
khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian;
b)
Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan,
teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunanya untuk meningkatkan
taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
2) Tujuan
khusus STKIP Pasundan Cimahi adalah :
a) Menghasilkan
tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan akademis, sosial, kepribadian dan
profesional.
b) Menghasilkan
berbagai penelitian dalam bidang ilmu pendidikan sehingga mampu menghasilkan
berbagai temuan bagi perkembangan teori dan praktek kependidikan.
c) Menghasilkan
tenaga pendidik yang memiliki kecerdasan intelektual, spritual, emosional dan
kreatifitas/sosial.
d) Menghasilkan
ilmuan/peneliti dalam ilmu pendidikan yang sesuai dengan progam studi .
e) Melaksanakan
program pengabdian pada masyarakat, yang berhubungan dengan bidang
kependidikan.
C. Struktur
Organisasi
BAB
3
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN
A. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan kegiatan
PRAKERIN SMK Negeri 1 Maja di laksanakan
dalam waktu 3 bulan, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2014 s/d tanggal 28 Maret
2014.
B. Deskripsi Kegiatan
Prakerin
1. Troubleshooting Pada Jaringan Dan Penanganannya ( Error Handling )
Troubleshooting jaringan kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah-langkah
untuk memeriksa masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan sumber
masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan
troubleshooting jaringan wireless di rumah atau dikantor yaitu: mengisolasi
masalah, troubleshooting masalah, dan bila perlu menghubungi technical support
yang tepat.
Beberapa
kasus yang sering terjadi pada Troubleshooting jaringan pada komputer atau laptop, sebagai berikut :
1.
Status
jaringan “Connected” namun tidak bisa terhubung ke internet?
Status tersebut sebenarnya
sudah menunjukkan kepada kita bahwa kita telah terhubung dengan jaringan.
Namun komputer belum bisa untuk mengakses internet. Langkah yang harus
diambil adalah:
|
a) Buka Web Browser kita, dan coba untuk mengakses beberapa website
seperti www.google.com. Jika dapat membuka
salah satu situs web namun tidak bisa membuka yang lainnya, hal tersebut
menandakan bahwa sebenarnya komputer kita sudah terhubung ke jaringan dan
baik-baik saja. Permasalahannya hanya terletak pada ISP.
b) Jika sama sekali tidak terhubung pada semua website, coba langkah
kedua yaitu dengan melepaskan sambungan modem ke line telepon, kemudian tunggu
beberapa saat lalu kemudian pasangkan kembali. Cobalah kembali untuk mengakses
website!
c) Jika kita terhubung dengan media wireless, cobalah untuk melepas
kabel WAN pada Acces Point, dan pasangkan kembali setelah beberapa saat.
Kemudian coba kembali untuk membuka website.
d) Cobalah untuk merestart komputer kita.
e) Jika tetap belum terhubung juga, cobalah untuk menghubungi pihak
ISP untuk meminta bantuan.
2. Apakah Status NIC atau Wireless “Disabled”?
Jika memang benar, maka
segera Enable-kan dengan mengklik kanan terlebih dahulu!
|
Masalah yang lebih serius adalah LAN
card kita belum terinstall dengan benar. Jika hanya terdisable kita hanya perlu
me-enable-kannya seperti contoh di atas, namun jika belum
terinstall dengan benar, kita membutuhkan CD driver LAN card untuk bisa
mengaktifkannya. Untuk mengecek apakah ada yang belum terinstall dengan benar,
masuk ke Device Manager dan lihat apakah ada masalah di Network
Adapters.
Contoh di samping adalah
masalah karena salah satu Network Adapters belum ter-enable.
|
3.
Apakah terjadi IP Conflict?
IP Conflict adalah sebuah troubleshooting sederhana yang terjadi
akibat adanya IP komputer yang sama dalam sebuah jaringan. Walaupun sederhana,
namun sangat menjengkelkan bagi pengguna yang belum mengerti tentang bagaimana
cara merubah IP komputer kita.
Untuk mengatasi masalah tersebut, kita lihat apakah benar ada IP
yang sama dengan milih PC kita atau tidak. Pertama, masuk ke cmd dan
tuliskan “ipconfig /all” dan tekan Enter.
Jika memang benar ada
IP conflict, segera ganti IP komputer kita dengan yang lain. Cara gampangnya
adalah sebagai berikut.
a) Masuk ke Windows Explorer dan klik kanan
pada Network.
Kemudian pilih Properties dan akan muncul jendela baru. Pilih Change
Adapter Settings.
|
|||
Akan masuk ke LAN setting, kemudian pilih
jaringan yang kita gunakan. Klik ganda pada jaringan tersebut dan pilih Properties.
|
|||
Kemudian akan muncul jendela seperti berikut. Dan
pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) kemudian pilih Properties.
|
|||
Akan muncul tampilan berikut.
|
|||
Nah, untuk mendapatkan IP baru kita tinggal mengganti IP kita agar
tidak terjadi IP tersamakan lagi. Namun untuk lebih mudahnya kita langsung
meminta ke server saja dengan memilih Obtain an IP address automatically.
|
|
4. Network
Cable Unplugged?
Kondisi di samping menunjukkan bahwa koneksi kabel
terlepas, tidak ada koneksi ke router/modem.
Langkah perbaikan:
a) Coba
periksa apakah kabel jaringan kita telah terpasang pada port NIC atau belum.
Jika belum segera pasangkan kembali.
b) Jika
kabel jaringan sudah terpasang namun tetap belum bisa mengakses internet,
cobalah untuk mengganti port lain pada switch.
c) Jika
masih belum bisa mengakses internet, cobalah mengganti kabel jaringan. Ada
kemungkinan kabel tersebut sudah rusak.
d) Jika
tetap belum bisa, ada kemungkinan kerusakan terjadi pada Network Adapter.
Gantilah dengan Network Adapter lain.
5. Wireless Adapter tidak dapat terhubung pada
Wireless Network?
Tidak ada koneksi ke wireless
network?
Status ini menunjukkan koneksi
wireless adapter kita terputus dengan jaringan wireless. Ada dua kemungkinan,
adapter wireless kita tidak bisa terhubung ke wireless network kita, atau
koneksi wireless intermittend. Untuk penyelesaian:
a) Periksalah status perangkat wireless kita pada
Windows, pastikan dalam keadaan aktif.
b) Cobalah untuk melakukan pencarian sinyal pada
hotspot area.
|
2. Macam-macam
Trouble shooting LAN
1.
Gejala : Koneksi
jaringan putus-putus.
a.
Masalah
Kemungkinan Tidak berfungsinya komponen jaringan yang disebabkan oleh korosi (berkarat), aus dan rusak. Korosi terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
Kemungkinan Tidak berfungsinya komponen jaringan yang disebabkan oleh korosi (berkarat), aus dan rusak. Korosi terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
b.
Solusi:
Mengganti komponen yang rusak dengan yang baru dan sering merawat komponen tersebut.
Mengganti komponen yang rusak dengan yang baru dan sering merawat komponen tersebut.
2.
Gejala : Komputer
tidak dapat terkoneksi dengan sistem jaringan kabel.
a.
Masalah
1)
Kemungkinan
terjadinya gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan (Network Interface
Card).
2)
Kemungkinan
bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.
3)
Kemungkinan
bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak
b.
Solusi :
1)
Periksa Kartu
jaringan apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian jika masih seperti itu
sebaiknya diganti
2)
Periksa Kabel
baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang
baik.
3)
Periksa terlebih
dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.
3.
Gejala : Lampu
indikator tidak menyala pada kartu jaringan dan pada Hub/switch.
a.
Masalah
Kemungkinan permasalahan pada kabel atau konektor tidak terpasang dengan baik (longgar) atau susunan kabel yang salah atau kabel terputus.
Kemungkinan permasalahan pada kabel atau konektor tidak terpasang dengan baik (longgar) atau susunan kabel yang salah atau kabel terputus.
b.
Solusi :
Cek kembali apakah konektor terpasang dengan baik
dan pastikan tidak ada kabel yang terbalik susunannya serta tidak putus.
4.
Gejala : Muncul
pesan IP conflic.
a.
Masalah
Terjadi alamat / IP Address yang sama.
Terjadi alamat / IP Address yang sama.
b.
Solusi :
Melakukan setting ulang alamat IP Address dan
subnetmasknya sesuai dengan jaringan yang digunakan.
5.
Gejala : Folder
atau file tidak dapat diakses pada komputer lain.
a.
Masalah
Dikarenakan folder atau file tersebut belum di sharing.
Dikarenakan folder atau file tersebut belum di sharing.
b.
Solusi :
Cara masuk ke windows explorer pilih data atau directory yang akah disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing
Cara masuk ke windows explorer pilih data atau directory yang akah disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing
6.
Gejala : Icon
Local Area Conection tidak tampl pada network conection di control panel.
a.
Masalah
1)
Kemungkinan
Driver belum terinstall.
2)
Pemasangan kartu
jaringan kurang baik.
3)
Kemungkinan slot
pci kotor atau rusak.
4)
Kartu jaringan
rusak.
b.
Solusi :
1)
Cari dan install
Driver yang sesuai dengan kartu jaringan.
2)
Periksa
pemasangan kartu jaringan.
3)
Bersihkan slot
pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.
4)
Ganti kartu
jaringan.
7.
Gejala :
Komputer meminta user dan password pada saat diakses oleh komputer lain pada
jaringan peer to peer.
a.
Masalah
1)
Pada windows xp belum
ada data yang tersharing
2)
Pada windows 7
atau Vista Password protected sharing belum di turn off kan
b.
Solusi :
1)
Sharing folder
atau file terlebih dahulu pada windows xp.
2)
Masuk keControl
Panel lalu Network and Sharing Center kemudian Advanced sharing settings lalu
turn off kan file protected sharing.
8.
Gejala : Tidak
bisa Login dalam jaringan (Tidak terhubung dengan internet).
a.
Masalah
Tidak bisa masuk dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan. (Tidak terhubung dengan internet).
Tidak bisa masuk dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan. (Tidak terhubung dengan internet).
b.
Solusi :
Dibatasi oleh mikrotik, mintalah admin untuk
mendaftarkan physical address komputer yang dipakai atau meminta untuk
dibuatkan account.
9.
Gejala : Lampu
indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub hidup, kabel utp
yang digunakan dalam kondisi yang baik, akan tetapi tidak dapat terhubung.
a.
Masalah
Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
b.
Solusi :
Mengganti Kartu jaringan (Network Interface Card)
dengan yang baru.
10. Gejala : Lampu indikator pada kartu jaringan dan
pada switch/hub mati, kondisi kartu jaringan dan switch dalam keadaan yang
baik.
a.
Masalah
Kemungkinan ada masalah dengan kabel yang digunakan.
Kemungkinan ada masalah dengan kabel yang digunakan.
b.
Solusi :
Ganti
Konektor (RJ-45) dengan yang baru , dang anti apabila perlu. Dan juga periksa
susunan warna kabelnya, juga kerapatan antara kabel dengan konektor.
11. Gejala : Printer tidak dapat di akses pada komputer
lain
a.
Masalah
Dikarenakan printer tersebut belum di sharing
Dikarenakan printer tersebut belum di sharing
b.
Solusi :
Caranya masuk ke control panel printers and faxes,
lalu pilih printer yang akan di sharing lalu klik kanan, pilih sharing,
kemudian pilih sharing this printer lalu klik ok.
12. Gejala : Koneksi Internet lambat.
a.
Masalah
Kemungkinan terlalu banyak pengguna/client sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.
Kemungkinan terlalu banyak pengguna/client sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.
b.
Solusi :
Sebaiknya kurangi pengguna/client, atau menambah bandwith.
Sebaiknya kurangi pengguna/client, atau menambah bandwith.
13. Gejala : Koneksi antara komputer dengan acces point
lambat.
a.
Masalah
Lemungkinan karena jarak yang terlalu jauh antara komputer dengan acces point.
Lemungkinan karena jarak yang terlalu jauh antara komputer dengan acces point.
b.
Solusi :
Memperdekat
jarak antara komputer dengan accespoint
C. Kesan Dan
Kendala Pelaksanaan Prakerin
kesan yang didapat selama kami
menjalani prakerin antara lain:
1)
prakerin
merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di
tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan
di sekolah
2) dalam menjalani prakerin, tidak mudah seperti apa yang dibayangkan
sebelumnya karena di tempat prakerin tidak semua materi yang diberikan
disekolah itu masuk
3) kegiatan prakerin dapat membentuk siswa agar dapat bekerja, walaupun
kenyataannya masih di bangku sekolah
4) banyak ilmu ilmu baru yang didapat selama kegiatan prakerin yang tentu saja
dapat dijadikan bahan dan pengalamanuntuk modal bekerja di masa depan.
5) untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan
kegiatan prakerin dengan baik hingga berakhirnya kegiatan ini.
3.3.1
Kendala
Pelaksanaan Prakerin
Adapun Kendala yang di alami oleh Penulis di antaranya yaitu :
1.
Kendala Sebelum Melakukan
Kegiatan Kerja :
a)
Sering kali hujan yang deras
di saat akan berangkat ke tempat pelaksanaan Prakerin, sedangkan kita harus
datang tepat waktu ke tempat Prakerin, hal tersebut sering menjadi kendala
untuk Penulis,di mana karena itu Penulis sering datang kurang tepat waktu.
b)
Jarak lokasi Preakerin yang
cukup jauh dari tempat tinggal sering juga membuat terlambat datang ke tempat
Kerja.
2.
Kendala Saat Melakukan
Kegiatan Kerja :
a)
Kegiatan Praktek Kerja
sering terganngu jika Lab akan di gunakan untuk kegiatan Belajar, karena
penulis Melakukan kegiatan Kerja di Lab,
Oleh karena itu kegiatan
Praktek kerja sering kali di pindah tempatakan ke ruangan yang kurang Memadai
dan Memfasilitasi.
b)
Sering kali Penulis Merasa
bingung untuk melakukan pekerjaan apa setiap kali akan memulai, di karenakan
kurangnya koordinasi dan bimbingan Pembimbing dari Pihak Instansi.
Banyak Kesan dan Kendala yang di alami
Penulis Selama kurang lebih Tiga Bulan melaksanakan kegiatan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) yang bertempat di STKIP Pasundan Cimahi yang tidak bisa di
sebutkan satu persatu, akan tetapi hal terseebut dapat di jadikan motivasi
dalam melasanakan kegiatan Praktek Kerja Industri.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Melalui PRAKERIN ini siswat dapat menilai dan
menghargai kemampuan diri sendiri. Penulis mencoba menarik kesimpulan bahwa
ternyata pengalaman yang didapatkan di lapanagan kerja khususnya dari segi
teknik pelaksanaannya lebih praktis jika di bandingkan pelajaran yang diterima
di sekolah, hal ini disebabkan di lapangan dituntut untuk memanfaatkan waktu
seefisien mungkin dengan kesalahan sekecil mungkin.
Dari pengalaman PRAKERIN yang di
laksanakan di STKIP Pasundan Cimahi selama tiga bulan, tepatnya dari tanggal 13
Januari 2014 sampai dengan tanggal 28 Maret 2014 dapat di simpulkan :
1) Kegiatan PRAKERIN sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Maja. Dengan adanya kegiatan PRAKERIN siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu
berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki
keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2) PRAKERIN merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja
sama dengan instansi/perusahaan atau
Dapat di simpulkan, kegiatan PRAKERIN
mempunyai tujuan bagi siswa SMK untuk Melatih, Mengasah, sekaligus Menguji
Keterampilan dan keahlian yang di miliki sesuai Prodinya masing – masing secara
langsung di DU/DI.
1.2 Saran – Saran
1.
Saran
Kepada Sekolah
a) Sekolah
perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang bersangkutan
dengan perkembangan teknologi didunia kerja. Dengan demikian peserta PRAKERIN
dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh
secara maksimal.
b) Dalam
penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya
mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat
mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
c) Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang
berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan PRAKERIN pada instansi sehingga para siswa akan dapat menyesuaikan diri
dengan mudah.
d) Hendaknya
Guru pembimbing harus lebih sering memotoring keperusahaan dimana siswa-siswi
yang ingin melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN)
e)
Penulis juga mengharapkan semoga SMK Negeri 1
Maja memilih kantor atau dunia usaha yang bisa menambah pengetahuan dan
pengalaman kerja bagi siswa yang akan melaksanakan Prakerin.
f)
Penulis
sebagai pelaksana tahun ini mengaharapkan agar dalam perencanaan praktek kerja
industri bagi siswa SMK Negri 1 Maja yang akan di langsungkan pada tahun yang
akan datang, sebaiknya menyiapkan beberapa kantor atau Dunia
Usaha agar siswanya
bisa mendapatkan tugas yang betul-betul bisa dikerjakan, lewat panduan pegawai
dalam kantor atau Dunia Usaha
tersebut, sekaligus dapat bermanfaat dan sebagai pengalaman kerja bagi siswa
yang melaksanakan praktek tersebut.
2.
Saran Kepada STKIP Pasundan Cimahi
a) Penulis berharap STKIP Pasundan Cimahi
senantiasa akan bersedia menerima siswa SMK Negeri 1 Maja untuk pelaksanaan
Praktek Kerja Industri pada angkatan berikutnya.
b) Kepada
pembimbing, penulis berharap bapak tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan
dan bimbingan kepada penulis dan para peserta PRAKERIN yang akan datang.
c) Diharapkan
bagi STKIP Pasundan Cimahi agar
memberikan peluang pada SMK Negeri 1 Maja khususnya Prodi TKJ untuk bisa
kembali melaksanakan Praktek Kerja
Industri pada tahun - tahun ajaran berikutnya.
d) Diharapkan
bagi instansi / perusahaan agar memberikan pekerjaan yang sesuai dengan program
keahlian siswa agar siswa lebih memahami pekerjaan tersebut.
e) Di harapkan
kepada STKIP Pasundan Cimahi agar memberikan suatu Pekerjaan yang lebih
banyak dan terperinci, serta di
harapkan lebih memperhatikan para
siswa Prakerin.
DAFTAR
PUSTAKA
.................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
---------------------------------------------, -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selanjutnya
sejak tahun 2012 Penulis melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka dengan mengambil Program Keahlian Teknik
Komputer Dan Jaringan.
LAPORAN PRAKERIN TKJ
4/
5
Oleh
Rozi